Apa yang terjadi saat kita tidur? Jawabannya bisa bermacam-macam tergantung kondisi. Ada yang menjawab bermimpi, mendengkur, atau bahkan tidur sambil jalan (sleepwalking). Apapun jawabannya, yang pasti terjadi saat kita tidur adalah terjadinya regenerasi sistem pencernaan yang sangat penting fungsinya terutama untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan sel dan membantu proses pembersihan metabolism tubuh dari racun dan zat-zat yang merugikan tubuh. Dalam bukunya berjudul “Quantum Eating: The Ultimate Elixir of Youth” (2007), Tonya Zavasta mengungkapkan bahwa TIDAK makan di malam hari memberikan kesempatan pada pencernaan kita untuk beristirahat dengan menyalurkan energi yang ada dari seluruh bagian tubuh kita untuk proses regenerasi ini. Nah, berbanding TERBALIK dengan sistem pencernaan kita dimana kita disarankan untuk tidak makan di malam hari, kulit kita justru disarankan untuk “makan” di malam hari. “Makan” di malam hari inilah yang sangat penting dan dianjurkan bagi proses regenerasi kulit.

Sebenarnya, apa sih yang terjadi pada kulit kita saat kita tidur di malam hari? Pada saat kita tidur di malam hari, ada beberapa hal yang terjadi pada kulit kita seperti berikut:

1. Produksi hormon melatonin.
Hormon melatonin ini diproduksi oleh kelenjar pineal yang berperan penting sebagai antioksidan untuk kulit dari radikal bebas (Endocrine Journal, 2005).
2. Meningkatnya proses penggantian sel-sel baru
Associate professor dermatologi dari University of Southern Carolina, Alex Khadavi, MD, mengungkapkan bahwa proses penggantian sel-sel kulit baru terjadi secara lebih efektif di malam hari, bahkan kecepatannya berlipat ganda dengan puncak waktu pukul 23:00 dan 04:00.
3. Meningkatnya temperatur permukaan kulit.
Sejalan dengan meningkatnya proses penggantian sel-sel kulit baru di malam hari, temperatur permukaan kulit juga ikut meningkat. Meningkatnya temperature kulit memperlambat proses penguraian protein sehingga dapat mempercepat proses penggantian sel-sel kulit baru (Alex Khadafi, MD).
4. Kelembapan kulit berkurang sehingga kulit menjadi lebih kering
Menurut sebuah artikel pada Journal of Investigative Dermatology, Transepidermal Water Loss (TEWL) atau hilangnya kadar air dalam lapisan-lapisan kulit adalah suatu kondisi jumlah kadar air yang hilang dalam lapisan-lapisan kulit karena proses evaporasi dan difusi tubuh kita (October, 1998). Untuk mengatasi kondisi ini, tidak jarang para ahli dermatologi merekomendasikan penggunaan humidier.
5. Tingkat penyerapan kulit yang lebih tinggi
Pada jurnal yang sama (Journal of Investigative Dermatology) terungkap juga bahwa daya serap kulit terbukti lebih tinggi dari pada siang hari.
6. Meningkatnya produksi kolagen
Kolagen adalah protein utama pada jaringan kulit yang berperan dalam menjaga elastisitas kulit, merawat kelenturannya sehingga dapat memperlambat kerutan-kerutan kulit (http://www.cosmobiz.com)

Seperti kita ketahui bersama bahwa kulit adalah salah satu bagian tubuh yang sudah bekerja keras sebagai garis depan pertahanan tubuh kita yang melindungi tubuh dari debu, polusi, mikroorganisme, dan radiasi sinar matahari. Karena itu, untuk tetap dapat menjalankan fungsinya melindungi tubuh kita secara maksimal pada keesokan harinya dan hari-hari selanjutnya, kulit membutuhkan proses regenerasi kulit pada malam harinya yang tentu saja sangat penting untuk menjaga kesehatan dan vitalitas kulit agar tetap prima. Itulah mengapa malam hari menjadi saat yang paling tepat untuk memberikan perawatan khusus bagi kulit kita.

Nah, setelah memahami tentang apa yang terjadi pada kulit kita di malam hari, masihkah kita tetap cuek pada kulit kita dan membiarkan kulit kita “layu” seperti tanaman yang kurang perawatannya?

Di era teknologi dan gadget canggih seperti sekarang ini, perawatan kulit yang tidak merepotkan dari segi waktu, praktis, efektif, dan ekonomis menjadi pilihan utama bagi wanita modern seperti kita. Kita pun membutuhkan “gadget” canggih untuk perawatan kulit tubuh malam hari yang handal. Tentu saja selain mandi, mengkonsumsi banyak air putih, cukup tidur, (tidak sering begadang), selalu positive thinking dan menjaga asupan gizi serta makanan, penggunaan body lotion dapat menyempurnakan keseluruhan proses perawatan kulit kita secara holistik. Body lotion yang praktis, efektif, ekonomis adalah “gadget” wajib kita yang canggih sebagai wanita modern sebagai ungkapan rasa sayang kita terhadap diri sendiri yaitu  untuk menjaga dan merawat kesehatan dan vitalitas kulit.

Si Ungu yang UnyuCitra Night Whitening Body Lotion

Tak kenal, maka tak sayang. Pertama kali secara tidak sengaja melihatnya di salah satu alley supermarket langganan,  tampilannya saja sudah langsung “mengundang” mata: desain botol yang unik yang ditambah dengan warna ungu yang memikat (kebetulan aku suka sekali warna ungu!). Kesimpulanku waktu itu: pintar sekali Citra menyusun market strategy-nya. “Makin kenal, makin sayang” mungkin adalah suatu ungkapan yang benar-benar pas untukku karena sejak aku mengenal dan memakai Citra Night Whitening Mulberry dan Minyak Biji Anggur, rasanya jadi tambah sayang dengan kulit dan Citra. Bagaimana tidak? Paduan bahan alami dari Ekstrak Mulberry membantu mencerahkan kulit dan menjadikan kulit tampak lebih putih, sedangkan Minyak Biji Anggur telah digunakan sejak zaman nenek moyang kita untuk membuat kulit tampak lebih muda dan terasa lembut (http://rumahcantikcitra.co.id/).

Pada saat menulis ini, kuakui memang belum ada dua minggu sejak pemakaianku yg pertama tapi kulitku sudah mulai terasa lain dari biasanya. Kulitku jadi lebih lembut dan tidak kering, cocok sekali dengan slogan Citra: “Awali Cantikmu” yang membuatku jadi lebih percaya diri.

Tak salah memang aku memilih Citra (Unilever) sebagai committed brand yang akan terus “berevolusi dan berinovasi untuk memenuhi kebutuhan wanita Indonesia yang selalu ingin tampak cantik, terawat, dan memiliki kulit yang sehat” (http://rumahcantikcitra.co.id/cms/cerita_citra-esok). Teknologi yang digunakan  Citra dalam produknya sudah terbukti kualitasnya sehingga tidak heran jika paduan bahan alami Ekstrak Mulberry dan Minyak Biji Anggur yang digunakan dalam produk Citra Night Whitening ini membuat sensasi tersendiri yang membuatku tak ingin cuek dan lalai lagi pada kulitku di malam hari. Ini adalah postingan blog aku yang pertama kalinya mengenai product testimony yaitu Citra Night Whitening, dan aku ingin meminjam istilahnya Tonya Zavasta di awal tulisanku tadi untuk Citra Night Whitening dengan Ekstrak Mulberry dan Minyak Biji Anggur ini sebagai Quantum “Eating” for My Youthful Skin at Night!

Bagaimana, ladies? Jangan tunggu sampai kulit kita “menjerit” ya? Yuk, sama-sama kita jaga dan lindungi kulit kita supaya bisa terus cantik, sehat dan cerah-secerah matahari yang menyinari bumi di pagi hari. Kalau kulit kita cantik, sehat, dan cerah maka kita jadi percaya diri dan nyaman menjalani aktivitas kita sehari-hari. Kepercayaan diri dan kenyamanan akan memberikan energi yang positif sehingga insya Allah, segala hal yang kita lakukan sehari-hari akan menghasilkan banyak energi positif baik untuk hidup kita maupun untuk orang lain dan lingkungan di sekitar kita. Itulah Cantik Holistik; cantik luar dalam. Jangan tunda lagi! Awali Cantikmu Sekarang!

                           

So ladies, jika ada waktu senggang, yuk jalan-jalan ke Rumah Cantik Citra terdekat di daerahmu dan rasakan pengalaman relaksasi dengan hand & foot massage, body massage, body scrub dan face massage hanya dengan pembelian produk Citra di semua Rumah Cantik Citra. Aku sudah merasakan cantiknya Rumah Cantik Citra dan tidak sabar ingin kesana lagi. Buat para ladies yang masih penasaran, yuk, Awali Cantikmu di Rumah Cantik Citra terdekat di daerahmu!

Salam Cantik!

–Pratiwi Wini Artati, October 8, 2012–

Image sources
“Beauty Tips” ((image source: http://tiananana.blogspot.com/2012_06_01_archive.html)

“You are …never forget it” (www.gickr.com)

Moon” (http://videohive.net/item/moon-and-stars/2333158)

Skin-diagram” (http://www.healthy-skin-guide.com/skin-diagram.html)

Bunga layu” (http://www.atiek1704.wordpress.com)

‘Rumah Cantik Citra” (Image source: Facebook Rumah Cantik Citra)

Comments
  1. Inger says:

    Yeah bookmaking this wasn’t a speculative decision great post!

  2. nice article, sangat mendalam untuk kecantikan kulit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s